Penerimaan Bank Sampah Binaan PT Pegadaian 2024 merupakan sebuah gerakan kampanye sadar lingkungan dan peningkatan kesadaran atas pengelolaan sampah melalui instrumen bank sampah. Tujuan dari pelaksanaan program ini yaitu ekspansi keanggotaan FORSEPSI (Forum Sahabat Emas Peduli Sampah Indonesia) yang merupakan mitra bank sampah pegadaian melalui serangkaian aktivitas sosialisasi bersama.
Dalam proses rekrutmen Bank Sampah ini ada beberapa kriteria penting guna memastikan calon bank sampah binaan ini memiliki standar yang sesuai dengan standarisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.
Adapun kriteria Bank Sampah tersebut yaitu :
- Calon Bank Sampah Binaan Memiliki Legalitas berbentuk SK Bank Sampah yang dikeluarkan oleh Lurah/Kelurahan, Camat/Kecamatan dan/atau Dinas Lingkungan Hidup;
- Calon Bank Sampah Binaan Memiliki Struktur Kepengurusan
- Calon Bank Sampah Binaan tidak sedang dalam binaan perusahaan/badan usaha lain baik Swasta, BUMN ataupun Negeri;
- Calon Bank Sampah Binaan sudah berjalan minimal 1 Tahun dengan dibuktikan SK Pembentukan Bank Sampah;
- Calon Bank Sampah Binaan memiliki nasabah minimal 30 Nasabah;
- Calon Bank Sampah Binaan dikelola langsung oleh Masyarakat dan/atau Penggiat Lingkungan bukan dikelola langsung oleh Pegawai Negeri Sipil (PNS)
- Calon Bank Sampah Binaan memiliki pengelolaan sampah baik organik maupun anorganik;
- Calon Bank Sampah binaan memiliki program edukasi pengelolaan sampah yang sudah atau dengan berjalan
Timeline :
- Pendaftaran Calon Bank Sampah Binaan Baru (Submit Paper) : 2 Agustus - 19 September 2024
- Proses Seleksi Calon Bank Sampah Binaan Baru : 8-23 September 2024
- Visitasi, Verifikasi dan Validasi langsung ke Calon Bank Sampah Binaan (Non GLAM) : 25 September - 8 Oktober 2024
- Pengumuman Bank Sampah Binaan Baru : 14 Oktober 2024
Alur Penerimaan Bank Sampah :
-
Calon Bank Sampah Binaan dapat mendownload berkas administrasi berupa Outline Paper dan Surat Permohonan menjadi bank sampah binaan pada link berikut https://bit.ly/PersyaratanAdministrasiCalonBSBinaan24
-
Setelah Calon Bank Sampah Binaan mendownload serta mengisi outline paper dan surat permohonan dengan sesuai, Calon Bank Sampah Binaan menuju ke Kantor Cabang PT Pegadaian terdekat dengan membawa persyaratan administrasi untuk meminta Formulir Rekomendasi
-
Sebelum Formulir Rekomendasi diberikan oleh Kantor Cabang PT Pegadaian, akan dilakukan survey awal untuk memastikan kebenaran syarat administrasi yang dilampirkan oleh Calon Bank Sampah Binaan
-
Setelah dilakukan survey awal untuk memastikan kebenaran administrasi yang dilampirkan oleh Calon Bank Sampah Binaan, selanjutnya Calon Bank Sampah Binaan mendapatkan Formulir Rekomendasi dari Kantor Cabang PT Pegadaian terdekat dan diberikan Hasil Survey Awal yang diisi oleh Kantor Cabang PT Pegadaian, Kemudian Calon Bank Sampah Binaan harus mengunggah berkas persyaratan administrasi berupa Surat Permohonan, Paper,Formulir Rekomendasi dan Form Survey Awal tersebut pada link pendaftaran berikut https://bit.ly/PendaftaranPenerimaanBSBaru24
-
Panitia akan melakukan seleksi administratif yang dilakukan secara tertutup
-
Setelah Calon Bank Sampah Binaan dinyatakan lolos dalam seleksi administratif, selanjutnya akan dilakukan Visitasi, Verifikasi dan Validasi yang dilakukan oleh panitia guna memastikan kebenaran data yang di submit pada tahap awal
-
Jika telah dinyatakan lolos selanjutnya akan terbit SK dari Kantor Wilayah PT Pegadaian
- Calon Bank Sampah Binaan resmi menjadi Bank Sampah Binaan PT Pegadaian dan tergabung sebagai anggota Forsepsi.
Contact Person :
0822-7819-0047 : Doni (Wilayah Medan - Wilayah Pekanbaru - Wilayah Palembang - Wilayah Balikpapan)
0813-2171-0627 : Corrylia (Wilayah Manado - Wilayah Makassar, Wilayah Denpasar - Wilayah Jakarta I)
0856-9371-8936 : Mate (Wilayah Jakarta II - Wilayah Bandung - Wilayah Semarang - Wilayah Surabaya)